Kapitalisme dan Hancurnya Ekonomi kecil

November 11, 2011

"kapitalisme dan hancurnya ekonomi kecil"

Sering kita mendengar istilah kapitalisme, mungkin banyak dari diantara kita yang tidak mengerti betul arti dari kata ini. Kapitalisme merupakan serapan dari bahasa inggris (capital) yang artinya modal. Secara terminologi kapitalisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa pemilik modal dapat melakukan usahanya untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam hal ini pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna kepentingan bersama.

Paham ini memiliki ciri diantaranya pemberian hak lebih kepada ‘pemilik kemampuan lebih’ untuk terus berkembang dan mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. Salah satu kelemahan paham ini adalah meninggalkan prinsip kesetaraan. Dalam sistem ini hanya pihak-pihak yang dapat mengakumulasi sumber daya yang akan mendapatkan keuntungan. Sistem ini juga menciptakan lapisan-lapisan masyarakat yang terpinggirkan karena tidak mampu dan tidak memiliki akses sumber daya yang dibutuhkan.

Kapitalisme sepertinya tidak dapat ditolak atau dilawan, masyarakat sepertinya sudah terpengaruh dengan sistem kapitalistik. Ketika orang mengatakan fried chiken adalah makanan modern, mereka berbondong-bondong untuk membeli makanan sampah ini.

Dalam pertumbuhan minimarket dan megamarket yang baru trend sekarang ini cerimplikasi pada hancurnya ekonomi kecil seperti pedagang kelontong. Masyarakat lebih suka membeli barang atau kebutuhan di minimarket dengan alasan tempatnya lebih nyaman ataupun harganya lebih miring.

MENULIS ILMU.COM

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: