MARKETING POLITIK (Strategi Memenangkan Politik)

November 10, 2011

"MARKETING POLITIK (Strategi Memenangkan Politik)

Politik tidak dapat dilepaskan lagi dalam sebuah negara, terlebih dalam hal pemerintahannya. Puluhan partai politik di Indonesia mencoba mengisi dunia politik dengan program-program kerja mereka. Adalah sebuah keniscayaan untuk memenangkan sebuah pemilihan pemimpin tanpa menggaet atau memikat calon pemilih dengan program-program kerja yang nyata.

Namun sebaliknya yang terjadi di Indonesia, partai politik dengan mengusung calon-calon mereka, berusaha menggaet rakyat dengan jalan yang tidak semesthinya dilakukan dalam negara yang berasaskan demokrasi, masih banyak terjadi money politik, suap-menyuap, serta janji-janji manis yang keluar dari bibir mereka. Di sini kita akan mencoba mengkaji marketing politik yang sebagian orang menganggap ini adalah ilmu baru dalam kancah perpolitikan, tetapi tanpa disadari sebenarnya mereka (politisi) telah menerapkannya untuk mengkampanyekan partai dan calonnya untuk mendapatkan suara rakyat terbanyak. Pendekatan baru ini, politik dalam kajian marketing atau bisa kita sebuat marketing politik. Produk, dalam hal ini partai dan calon pemimpin menjadi sesuatu yang dipromosikan oleh partai mereka. Parpol menggunakan berbagai metode untuk menggaet pangsa pasar suara rakyat. Diantaranya, mereka mempromosikan program-program kerja yang akan di laksanakan selama masa pemerintahan, hal ini dilakukan dengan cara spanduk, dialog calon pemimpin, debat calon pemimpin.

MENULISILMU.COM

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: