MENULIS KARYA TULIS ILMIAH ( Kiat-Kiat Untuk Guru Agar Naik Pangkat )

November 11, 2011

"kiat sukses naik pangkat"

Karya Tulis Ilmiah menjadi salah satu syarat untuk menaikan pangkat bagi seorang guru. Akan tetapi masih banyak guru yang tidak bisa membuat karya tulis. Data dari Badan Kepegawaian Nasinonal (BKPN) 2005, sekitar 1,4 juta guru berstatus PNS. Umumnya berada di tingkat IIIA sampai III/D yang jumlahnya mencapai 996.926 guru. Adapun di golongan IV ada 336.601 guru, dengan rincian golongan IV/A ada 334.184 guru, golongan IV/B ada 2.138 guru., golongan IV/C sebanyak 84 guru, dan golongan IV/D ada 15 guru.

Mengacu pada data tersebut membuktikan bahwa kemampuan membuat karya tulis di kalangan guru masih sangat rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut, kami akan membagikan kiat-kiat untuk membuat karya tulis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua :

  • Komitmen
Dalam penulisan karya tulis komitmen adalah kuncinya. Sebagai seorang guru, hendaknya dapat mengalahkan kemalasan yang selalu melemahkan kita. Komitmen yang kuat pada diri disertai kemauan yang tecermin dalam sikap menjadikan penulisan karya tulis sangatlah mudah dan menyenangkan.
  • Konsisten
Karena rutinitas kerja dan segudang aktivitas yang kita jalani setiap hari sering membuat kita letih melakukan kegiatan lain, apalagi karya tulis. Untuk mengatasi hal seperti ini kita butuh yang namanya konsistensi, kita membuat perjanjian dengan diri sendiri untuk membuat karya tulis secara kontinyu. Orang sukses bukan karena kecerdasan atau bakatnya tetapi lebih karena kegigihannya.
  • Kerja Cerdas
Allah memberikan waktu yang sama kepada seluruh manusia yakni 24 jam, tetapi setiap manusia berbeda dalam menggunakannya. Seseorang dikatakan kerja cerdas apabila ia dapat mengelola waktunya dengan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kapabilitasnya. Disinilah kita dituintut untuk tidak menunda pekerjaan kita, kita dapat mencatat pengamatan kita pada buku agenda atau catatan kecil baru memindahkan ke laporan penelitian.
  • Kerja Ikhlas
Niat ikhlas perlu senantiasa kita jadikan landasan dalam melakukan segala hal. Termasuk dalam menyusun karya tulis ini, jika kita benar-benar ikhlas hanya mengharap pahala dari Tuhan dan untuk memajukan pendidikan khususnya di sekolah kita, adalah Mudah bagi Allah untuk membuka pintu-pintu kemudahan serta pintu-pintu rezeki.
  • Kolaboratif dan Komparatif
Tidak ada manusia yang lepas dari salah, menyadari hal tersebut perlu kita bertanya dan berdiskusi dengan teman yang mampu untuk menjawab permasalahan kita. Kerja sama antar penulis menguntungkan, karena dapat bertukar pikiran, saling melengkapi, dan saling membenahi bagian yang kurang tepat
  • Koneksi
Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin dalam lingkungan sekolah, harus kita ajak berdiskusi, apalagi kepala sekolah mengetahui tentang seluk beluk sekolah dan program kerjanya. Kita bisa mendapatkan informasi lebih mengenai penelitian kita.
  • Kontekstual
Laporan Penelitian yang kita tulis haruslah ditulis sesuai data yang kita dapatkan dari lapangan atau kelas. Manipulasi data dapat merugikan kita di kemudian hari, jujurlah sehingga apapun hasil kita, itulah sebuah data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan
  • Ketelitian
Dalam penulisan karya tulis dibutuhkan ketelitian yang ekstra. Terutama dalam hal penulisan kalimat dan penempatan tanda baca. Kita harus mengikuti kaidah bahasa Indonesia yakni EYD dan bahasa baku
  • Keaslian
Kita harus membuat karya tulis sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Apapun hasilnya, yang penting original, sehingga kita berani mempertanggungjawabkan keasliannya.
  • Komunikatif
Kecerdasan seseorang dapat diketahui melalui tulisan yang dibuatnya. Apabila bahasa yang dibuatnya komunikatif dan mudah dipahami tanpa mengurangi substansi yang disampaikan, berarti penulis termasuk orang cerdas. Karya tulis kita pasti akan dibaca orang. Buatlah karya tulis dengan bahasa yang komuunikatif.
About these ads

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: